[S40] Cara Pengajuan Dispensasi Kelebihan Siswa/Rombel Simpatika
Pedoman Beban Kerja Guru Madrasah sesuai KMA No 890 Tahun 2019 ini bertujuan sebagai acuan bagi guru, kepala madrasah, penyelenggara pendidikan, pengawas madrasah, kepala kantor Kemenag Kab/Kota, kepala Kanwil Kemenag Provinsi untuk:
Pedoman Beban Kerja Guru Madrasah sesuai KMA No 890 Tahun 2019 ini bertujuan sebagai acuan bagi guru, kepala madrasah, penyelenggara pendidikan, pengawas madrasah, kepala kantor Kemenag Kab/Kota, kepala Kanwil Kemenag Provinsi untuk:
- Penghitungan beban kerja guru Madrasah; dan
- Optimalisasi tugas guru Madrasah.
Ekuivalensi Tugas Tambahan Guru Simpatika 2019
B. Sedangkan Tugas Tambahan lain terdiri atas;
Berikut merupakan rincian tugas tambahan guru berserta jumlah guru serta ekuivalensinya sebagaimana KMA Nomor 890 Tahun 2019;
Bapak/Ibu berikut adalah Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 890 Tahun 2019 tentang Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah yang bersertifikat Pendidik yang dapat diunduh dalam tautan berikut ini: Beban Kerja Dan Ekuivalensi Guru Madrasah Sesuai KMA 890 Tahun 2019, semoga dapat memberikan manfaat.
Kami_Madrasah
B. Sedangkan Tugas Tambahan lain terdiri atas;
- Wali Kelas;
- Pembina Organisasi Intra Madrasah (OSIM);
- Pembina Ekstrakurikuler;
- Koordinator program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PPKB)/Penilaian kinerja guru (PKG) atau koordinator bursa kerja khusus (BKK) pada MAK;
- Guru piket;
- Ketua lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP-P1);
- Penilaian kinerja Guru (PKG);
- Pengurus organisasi atau asosiasi guru; dan
- Pembina Ko-Kurikuler.
Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Bersertifikat Pendidik
Berikut merupakan rincian tugas tambahan guru berserta jumlah guru serta ekuivalensinya sebagaimana KMA Nomor 890 Tahun 2019;
Tugas Tambahan Guru
Nama Tugas Tambahan | Ekuivalensi | Ketentuan |
---|---|---|
Wakil Kepala Madrasah pada MTs/MA/MAK | 12 JTM |
|
Koordinator Bidang Pendidikan MI | 12 JTM |
|
Ketua Program Keahlian pada MAK | 12 JTM | Jumlah Ketua Program keahlian sesuai jumlah program keahlian di Madrasah. |
Kepala Perpustakaan MI/MTs/MA/MAK | 12 JTM | - |
Kepala Laboratorium MTs/MA/MAK | 12 JTM |
|
Kepala Bengkel atau Unit produksi MAK | 12 JTM | Jumlah kepala bengkel atau unit sejumlah program keahlian yang ada di Madrasah. |
Pembina Asrama | 12 JTM |
|
Pembimbing khusus pada madrasah Inklusi atau pendidikan terpadu | 6 JTM | - |
Tugas Tambahan Lain
Nama Tugas Tambahan Lain | Jumlah | Ekuivalensi |
---|---|---|
Wali Kelas | 1 (satu) Guru/Kelas/Tahun | 6 JTM |
Pembina Organisasi Intra Madrasah (OSIM) | 1 (satu) Guru/madrasah/tahun | 6 JTM |
Pembina Ekstrakurikuler | 1 (satu) guru/ekstrakurikuler/1 (satu) kegiatan/minggu (paling sedikit 15 peserta didik) | 6 JTM |
Koordinator program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PPKB)/Penilaian kinerja guru (PKG) | 1 (satu) Guru/Madrasah/Tahun | 6 JTM |
Koordinator bursa kerja khusus (BKK) pada MAK | 1 (satu) Guru/madrasah/tahun | 2 JTM |
Guru piket | 1 (satu) guru/hari/minggu (disesuaikan dengan rombongan belajar) | 1 JTM |
Ketua lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP-P1) | 1 (satu) Guru/Madrasah | 1 JTM |
Penilaian kinerja Guru (PKG) | 1 (satu) Guru/madrasah/5-10 Orang Guru | 2 JTM |
Pengurus organisasi atau asosiasi guru | 1 (satu) guru/Jabatan/Tahun |
|
Pembina Ko-Kurikuler | 1 (satu) guru/Ko-Kurikuler/1 (satu) kegiatan/minggu (paling sedikit 15 peserta didik) | 2 JTM |
Download KMA Nomor 890 Tahun 2019 Tentang Beban Kerja Guru Madrasah
Bapak/Ibu berikut adalah Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 890 Tahun 2019 tentang Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah yang bersertifikat Pendidik yang dapat diunduh dalam tautan berikut ini: Beban Kerja Dan Ekuivalensi Guru Madrasah Sesuai KMA 890 Tahun 2019, semoga dapat memberikan manfaat.
Kami_Madrasah