Buku Kerja Dan RPP IPA Kelas 9 K13 SMP/MTs Terbaru merupakan sekumpulan dokumen yang memuat perencanaan terkait proses pembelajaran mata pelajaran IPA untuk kelas 9 Kurikulum 2013 tingkat SMP/MTs.
Download KI dan KD SD-MI SMP-MTS SMA-MA
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”.
Download KI dan KD SD-MI SMP-MTS SMA-MA
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”.
Baca Juga: RPP Bahasa Inggris K13 Kelas 7 8 9 SMP/MTs
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Baca Juga: Kumpulan RPP Penjaskes K13 SMP/MTs
Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini:
Bapak/Ibu Kalender Pendidikan Madrasah 2019-2020Buku Kerja Dan RPP IPA Kelas 9 K13 SMP/MTs Terbaru, semoga dapat memberikan manfaat!
Kami_Madrasah
Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini:
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi | 4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi |
3.2 Menganalisis sistem perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan serta penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan | 4.2 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan |
3.3 Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup | 4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan |
3.4 Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kelistrikan pada sistem saraf dan hewan yang mengandung listrik | 4.4 Menyajikan hasil pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari. |
3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi listrik | 4.5 Menyajikan hasil rancangan dan pengukuran berbagai rangkaian listrik |
3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi | 4.6 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/atau induksi elektromagnetik |
3.7 Menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia | 4.7 Membuat salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar |
3.8 Menghubungkan konsep partikel materi (atom, ion,molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari- hari, serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan manusia | 4.8 Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari |
3.9 Menghubungkan sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan | 4.9 Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat tanah dan pentingnya tanah bagi kehidupan |
3.10 Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan | 4.10 Menyajikan karya tentang proses dan produk teknologi sederhana yang ramah lingkungan. |
Perangkat Pembelajaran IPA K13 SMP/MTs Terbaru
Bapak/Ibu Kalender Pendidikan Madrasah 2019-2020
Kami_Madrasah